Keren, Mahasiswa KKN STIE SAK di Desa Koto Dua Lama Dirikan Bumdes

admin
96 Views

Badan usaha milik desa (Bumdes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa.

Pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan peraturan desa dan Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat.

Berdasarkan landasan itu, dengan inisiatif dan ide kreatif dari program kerja Mahasiswa KKN-PPM STIE-SAK 2019 posko Koto Dua Lama berhasil mendirikan bumdes dengan nama “Muaro Smuhut Desa Koto Dua Lama”. Selasa, (10/12/2019).

Di acara peresmian dan launching Bumdes Desa yang disertai juga acara perpisahan mahasiswa KKN-PPM STIE-SAK 2019 posko Desa Koto Dua Lama dihadiri oleh Sekcam Air Hangat, dan juga perwakilan dari Kampus STIE Sakti Alam Kerinci.

Dengan adanya Bumdes yang telah di bentuk dan di resmikan, dapat di jadikan sumber penghasilan desa, sehingga pertumbuhan desa dapat meningkat dan bisa sejahtera.

Sebelum berdirinya Bumdes Muaro Semuhut, Mahasiswa KKN-PPM STIE-SAK 2019 terlebih dahulu telah melakukan Survey untuk melihat potensi yang ada di Desa Koto Dua Lama, Semurup.

Bumdes Muaro Semuhut ini sendiri lebih bergerak ke bidang pertanian, karna melihat potensi yang ada di Desa Koto Dua Lama itu sendiri lebih ke bagian pertanian yang paling dominan.

Selain itu Mahasiswa KKN-PPM STIE-SAK 2019 Posko 5 Koto Dua Lama juga berhasil membentuk UKM yang bergerak di bidang olahan makanan dengan nama UKM SEHATI, yang juga sudah dikembangkan oleh masyarakat Desa Koto Dua Lama, Semurup.

Randi Supriyanto, selaku ketua posko KKN-PPM STIE-SAK 2019 desa Koto Dua Lama menyampaikan, kehadiran kami di Desa Koto Dua Lama barangkali tidak bnyak memberi subangsih yang bnyak tetapi yang kami harapkan semoga pengabdian kami di Desa Koto Dua Lama bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Ditambahkannya, dengan pendirian Bumdes Muaro Semuhut dan UKM SEHATI, kami harap bisa terus berkembang dan bisa memberikan manfaat untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Tutup Randi.

Kepala Desa Koto Dua Lama (Kamlis Wadi) dalam kata sambutannya juga menyampaikan, kami sangat terbantu akan kehadiran Mahasiswa KKN STIE Sakti Alam Kerinci sebagai fasilitator kami dalam pendirian bumdes.

Di tambahkannya,Selain itu Mahasiswa KKN-PPM STIE-SAK juga telah mengaktifkan kembali UKM dalam pengembangan, perizinan hingga pemasaran produk.

“selama dua bulan ini bnyak sekali manfaat yang kami rasakan baik itu dalam pengembangan Sumber Daya Manusia dari pemuda, Kelompok Tani hingga masyarakat pada umumnya,”tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sejumlah Lampu PJU di Beberapa Wilayah Ruas Jalan Provinsi Tak Berfungsi

Kerinci, FaktualNews.net-Sejumlah lampu penerangan jalan umum (PJU) di ruas jalan […]