Hasil Survei LSI Denny JA Pilpres 2024, Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul

Jakarta – Lembaga Survei LSI Denny JA telah merilis hasil survei elektabilitas terbaru para pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2024. Dari hasil survei tersebut pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming mengungguli pasangan capres lainnya.

Survei dilakukan oleh LSI Denny JA pada tanggal 6-13 November 2023 ini melibatkan sekitar 1.200 responden yang dilakukan secara acak (Multistage Random Sampling). Metode yang digunakan dalam survei ini berupa kuesioner dan langsung bertatap muka dengan para responden. Margin of error dari survei sebesar 2,9% dengan tingkat kepercayaan publik hingga 95%.

Adapun isi dari kuesioner dari lembaga survei ini: Jika pemilu presiden dilaksanakan saat survei kita kerjakan, siapakah dari tiga pasangan capres dan cawapres ini yang dipilih?

Jawaban dari para responden ini menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan 40,3%, Ganjar-Mahfud 28,6% dan Anies-Muhaimin 20,3%. Sedangkan responden yang tidak tahu atau tidak memberi jawaban sebesar 10,8%.

Baca Juga: Hasil Survei Litbang Kompas, 87,8 Persen Publik Puas dengan Kinerja Polri

CAPRES DAN CAWAPRES 2024PERSENTASE (%)
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming40,3%
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD28,6%
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar20,3%
TT/TJ10,8%

“Jadi apabila pilpres dilaksanakan saat survei kita kerjakan maka elektabilitas tertinggi saat ini adalah pasangan Prabowo-Gibran sebesar 40,3%, disusul pasangan Ganjar-Mahfud di angka 28,6% dan Anies-Muhaimin diurutan terakhir sebesar 20,3%. Adapun yang belum menentukan pilihan sebesar 10,8%”, ujar Adjie Al Faraby saat memaparkan hasil survei pada Sening (20/11/2023).

Selain itu, dari hasil survei Adjie juga secara khusus memprediksi bahwa Pemilihan Presiden 2024 akan berlangsung dua putaran dan dengan hasil ini maka pasangan Prabowo-Gibran sudah mengamankan tiket ke putaran kedua.

“Dari data ini maka bisa kita simpulkan bahwa Pilpres kemungkinan akan berlansung dua putaran karena hanya tersisa 10,8% bagi responden yang tidak tahu atau memilih belum menjawab. Apabila Pilpres berlangsung dua putaran maka pasangan Prabowo-Gibran adalah pasangan pertama yang lolos ke putaran kedua dengan angka 40,3%”, ujar Adjie.

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *