Mentan Salurkan Bantuan Bibit dan Alat Pertanian di Konawe Utara

Konawe Utara – Bertajuk “Tanam Perdana Komoditi Jagung”, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) menyambut kedatangan Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, Rabu (10/01/2024).

Tujuan kunjungan Mentan kali ini adalah untuk bantu meningkatkan produksi sektor pertanian di wilayah Konut dan Sulawesi Tenggara secara umum.

Amran Sulaiman tiba di Bumi Oheo menggunakan helikopter dan langsung disambut oleh Bupati Konut, Ruksamin. Setelah itu, mereka langsung bersama-sama menuju lokasi acara yang berlangsung di Desa Amolame, Kecamatan Andowia.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio yang mewakili Pj Gubernur, jajaran Forkopimda Sulawesi Tenggara, Wakil Bupati Konut Abu Haera, Ketua DPRD Konut Ikbar, Forkopimda Konut, para camat, kepala desa, Babinsa, dan penyuluh pertanian.

Dalam sambutannya, Amran Sulaiman berbagi pengalaman saat ia terlibat dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit di Konut pada tahun 1999. Saat itu, dia turut serta dalam upaya mensukseskan swasembada pangan di daerah tersebut. Selain berbagi pengalaman, Mentan RI juga memberikan bantuan berupa bibit dan peralatan pertanian untuk Konawe Utara yang apabila ditaksir nilainya puluhan miliar.

Baca Juga: Bupati Konut Suarakan SDA Berkelanjutan di Rakornas Investasi 2023

Bupati Konut dalam pidatonya, mengungkapkan berbagai program untuk memanfaatkan potensi di wilayahnya, terutama dalam sektor pertanian. Salah satunya adalah meluncurkan Program Pemanfaatan Kebun Pekarangan (P2KP) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan memastikan ketersediaan pangan di Konut.

Meskipun dikenal dengan kekayaan nikelnya, Ruksamin tetap menekankan bahwa sektor pertanian adalah penyumbang terbesar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Konawe Utara yang mencapai 39,23%.

Dalam upaya meningkatkan produksi pertanian, Ruksamin telah menyiapkan lahan seluas 10.000 hektar untuk menanam komoditi jagung di Konawe Utara. Selain itu, memasuki era digital dan memudahkan petani dalam mendapatkan pupuk serta memasarkan hasil pertanian, Bupati Konut juga meluncurkan aplikasi Pak Tani Konasara.

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *