Jokowi Umumkan Lowongan 2,3 Juta Formasi CPNS 2024, Ada PPPK?

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa pemerintah membuka lowongan bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di tahun 2024. Dalam pengumuman yang sampaikan Jokowi, total ada 2,3 juta formasi CASN yang tersedia dengan 690.000 di antaranya diperuntukkan bagi lulusan baru (fresh graduate).

Pengumuman ini disampaikan oleh Jokowi melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Jumat (05/01/2024).

“Tahun ini pemerintah akan membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara sebanyak 2,3 juta formasi.” ujar Jokowi, seperti yang disiarkan di kanal YT Sekretariat Presiden..

Beliau menekankan pula bahwa kesempatan ini terbuka lebar bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan alokasi formasi CPNS 2024 sebanyak 690.000 orang dengan rincian 207 ribu di pusat dan 483 ribu di daerah.

Jokowi menjelaskan bahwa alokasi formasi tersebut akan diperuntukkan bagi guru, dosen, tenaga kesehatan dan tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan masing-masing bidang.

Selain itu, pemerintah juga berencana menata tenaga non-ASN dengan membuka rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi yang saat ini belum diangkat sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga Non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi yang belum diangkat sebagai PPPK,” sambung Jokowi.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2024 Segera Buka, Cek Link dan Formasi Utama

Alasan di balik rekrutmen ini adalah untuk menghadapi perubahan besar dunia teknologi yang kian hari semakin berkembang pesat.

Jokowi percaya bahwa pemerintah membutuhkan para lulusan muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, meningkatkan efisiensi birokrasi dan mendorong peningkatan kinerja serta akuntabilitas pemerintah.

“Saya mengundang kepada talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 ini dan jadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik di masa depan,” tambah Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas juga menegaskan bahwa Presiden Jokowi akan mengumumkan kebutuhan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada Januari 2024.

Meskipun begitu, Anas menekankan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2024 tidak akan dimulai secara bersamaan dan masing-masing instansi akan diberikan waktu untuk mengumumkan formasi finalnya.

“Presiden akan umumkan berapa formasi fresh graduate, PPPK, kira-kira seperti apa komposisinya,” ungkap Anas di Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Pemerintah berkomitmen membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 dengan fokus pada lulusan baru atau fresh graduate, baik dari SMA sederajat maupun perguruan tinggi.

Menpan RB juga menjelaskan bahwa keputusan ini diambil karena kuota bagi fresh graduate pada rekrutmen CPNS dan PPPK tahun sebelumnya relatif kecil.

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *