Siapa Sosok Dr Victor Chang di Google Doodle Hari Ini?

Unaaha – Ada penampakan berbeda dihalaman mesin pencari Google hari ini karena pada backroundnya menampakkan sebuah sosok yang tidak begitu familiar.

Hal ini tentu membuat penasaran siapa sosok tersebut hingga bisa diabadikan oleh Google dalam sebuah fitur bernama Google Doodle pada halamannya.

Sosok dalam Google Doodle tersebut adalah Dr. Victor Chang, seorang dokter ahli bedah jantung kenamaan berdarah Cina – Australia.

Dr Victor Chang

Dilansir dari media luar, Victor Peter Chang lahir di Chang Yang Him, Shanghai, Cina pada 21 November 1936.

Dr Victor Chang dikenal sebagai sosok pelopor dunia kesehatan dalam bidang bedah jantung /transplantasi jantung.

Ahli bedah jantung ini memulai perjalanan karirnya pada tahun 1950 dengan pindah ke Australia untuk memperdalam ilmu kedokterannya.

Tidak lama setelah itu, dia melanjutkan studinya dalam hal bedah jantung ke beberapa negara seperti AS dan Inggris. Dr Victor Chang kembali ke Australia dan mulai melakukan transplantasi jantung pertamanya pada tahun 1968.

Baca Juga: Sosok Gervonta Davis Petinju Asal Amerika yang Peluk Islam Tepat Saat Natal

Transplantasi Jantung

Banyak hal bersejarah ditorehkan oleh Dr Victor Chang dalam dunia kedokteran khususnya dalam bidang transplantasi jantung yang hingga kini manfaatnya masih dinikmati oleh orang.

Kesuksesan transplantasi jantung pertamakali yang dilakukan olehnya terjadi pada tahun 1984 di Australia kemudian disusul oleh operasi penyelamatan gadis remaja bernama Fiona berumur 14 tahun.

Saat itu Fiona tercatat sebagai penerima transplantasi jantung termudah dalam sejarah dan bertahan hidup paling lama setelah melakukan operasi transplantasi jantung.

Operasi ini pula yang mengangkat nama Dr Victor Chang dalam dunia kedokteran.

Inovasi dalam Kardiologi

Selain dikenal sebagai ahli jantung terkemuka, sosok ini juga turut dikenal karena inovasinya dalam dunia kedokteran terutama pegembangan katup jantung buatan yang telah dirasakan manfaatnya bagi penderita gangguan jantung.

Katup jantung yang dikembangkan oleh Dr Victor Chang membantu begitu banyak orang tidak hanya dari segi manfaat namun juga dari segi ekonomi lebih terjangkau untuk sebagian orang.

Inovasi ini pula yang membuat namanya dikenal dan dikenang oleh dunia kedokteran Internasional.

Akhir Mengenaskan

Dunia tiba-tiba terhenyak dikejutkan dengan kabar meninggalnya Dr Victor Chang akibat dibunuh dalam suatu upaya pemerasan yang gagal pada tahun 1991.

Kabar duka ini tentunya mengejutkan masyarakat terlebih bagi komunitas medis yang kehilangan seorang pakar dan inovator dalam dunia kedokteran.

Dr Victor Chang memang telah tiada namun legasi yang telah ditinggalkannya masih dirasakan oleh banyak orang hingga saat ini.

Hal ini pula yang membuat Google menampilkan sosoknya pada Google Doodle bertepatan dengan ulang tahun sosok yang berjasa dalam dunia kedokteran Internasional.

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *