10 Aplikasi Adzan Terbaik Sebagai Alarm Waktu Sholat Tiba

Unaaha – Indonesia adalah negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini ada 277.534.122 penduduk Indonesia yang beragama Islam.

Ditengah rutinitas sehari-hari yang padat seringkali membuat lupa akan kewajiban ibadah kepada Allah SWT. Karena itu sangat penting mulai saat ini untuk mengandalkan aplikasi adzan pada HP sebagai pengingat waktu sholat telah tiba.

Jika kamu tertarik menggunakan aplikasi adzan, berikut rekomendasi beberapa aplikasi adzan otomatis terbaik yang telah dilengkapi dengan fitur Al-Quran digital di dalamnya:

1. Al Quran Indonesia
2. Muslim Pro
3. Umma
4. Prayer Times Muslim All in One
5. Waktu Adzan dan Kiblat
6. Salaam By Samsung
7. Al-Haramain
8. Adzan Reminder
9. QuranVoice
10. Muslim Companion

1. Al Quran Indonesia

Aplikasi Adzan pertama yang bisa kamu coba adalah Al Quran Indonesia. Apikasi ini jadi rekomendasi karena telah digunakan oleh puluhan juta umat Muslim.

Al Quran Indonesia menawarkan berbagai fitur menarik yang sangat diperlukan oleh umat Islam. Salah satunya adalah jadwal sholat dan imsakiyah, alarm adzan, arah kiblat, kalender Hijriah, widget, dll.

2. Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro dikenal sebagai salah satu aplikasi adzan terbaik dan populer karena digunakan lebih dari 15 juta pengguna pada Play Store.

Fitur-fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini sangat bermanfaat, termasuk di dalamnya jadwal puasa, waktu sholat berdasarkan lokasi, notifikasi adzan, Al-Quran disertai audio tilawah, koleksi doa sehari-hari, arah kiblat, kalender Hijriyah, dan Asmaul Husna.

3. Umma

Umma adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk umat Muslim, dilengkapi dengan beragam fitur menarik seperti Al Quran digital, waktu sholat, arah kiblat, doa harian, kalender Islam, notifikasi adzan, dll.

Selain itu, kamu dapat menemukan berbagai konten Islami seperti artikel, video khotbah, dan kutipan Al-Quran di dalam aplikasi Umma. Kamu juga dapat berbagi informasi yang bermanfaat di aplikasi dengan kerabat atau keluarga.

4. Prayer Times Muslim All in One

Prayer Times Muslim All in One adalah aplikasi pengingat waktu sholat yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk membantu umat Muslim dalam menjalankan ibadah sehari hari.

Selain alarm adzan, kamu juga dapat membaca Al-Quran, doa harian, Asmaul Husna, serta arah kiblat berbasis GPS pada aplikasi.

Aplikasi ini juga menyediakan kalkulator Zakat yang sangat berguna bagi kamu untuk menghitung bantuan dalam menghitung Zakat.

5. Waktu Adzan dan Kiblat

Jika HP kamu termasuk kategori low end dengan memori penyimpanan terbatas, sebaiknya kamu menggunakan aplikasi ini karena ukurannya hanya 3,3 MB.

Aplikasi ini menampilkan antarmuka sederhana dan sangat mudah digunakan. Namun meski terlihat sederhana, aplikasi ini dapat diandalkan sebagai pengingat jadwal sholat dan menentukan arah kiblat berdasarkan lokasimu saat ini.

6. Salaam by Samsung

Aplikasi adzan selanjutnya yang juga bisa diandalkan adalah Salaam. Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia telah mendapatkan sertifikat dari Kemenag Republik Indonesia.

Menariknya, walaupun aplikasi ini dibuat oleh Samsung namun kamu yang menggunakan HP merek lain pun dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi ini.

Fitur-fitur pada aplikasi Salaam mirip dengan aplikasi adzan serupa lainnya, seperti jadwal sholat, Al Quran digital, petunjuk kiblat, doa harian, kalender hijriah, dan notifikasi adzan.

7. Al-Haramain

Aplikasi adzan berikutnya yang juga direkomendasikan untuk HP low end adalah Al-Haramain. Aplikasi ini sangat ringan dengan ukuran hanya 7 Mb.

Aplikasi ini punya berbagai fitur mulai dari jadwal sholat, arah kiblat, alarm adzan, kalender Hijriyah, dan widget menarik pada beranda HP untuk memudahkan dalam melihat jadwal sholat.

8. Adzan Reminder

Adzan Reminder adalah aplikasi adzan dan pengingat sholat yang terkenal sangat akurat karena menggunakan sistem GPS untuk memberikan notifikasi adzan apabila masuk waktu sholat.

Selain itu, beragam fitur lain juga ditawarkan oleh aplikasi ini termasuk Al Quran digital, jadwal sholat, beragam doa & dzikir, panduan Haji atau Umrah serta berbagai fitur lainnya.

9. QuranVoice

Aplikasi adzan berikutnya adalah QuranVoice yang selain menyediakan pengingat waktu sholat, tetapi juga menawarkan fitur berguna bagi umat Muslim.

Fitur-fitur aplikasi ini antara lain Al Quran digital, koleksi doa harian, zikir, berbagai konten Islam, dan adzan. Menariknya pada aplikasi ini kamu bisa memilih beberaoa muadzin yang akan melantunkan adzan.

Al Quran digital dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan audio dan terjemahan yang memungkinkan kamu membaca Al Quran dengan bacaan tepat.

Selain itu, Al Quran digital pada aplikasi QuranVoice dapat diakses secara offline. Tentu ini memungkinkan kamu untuk membaca Al Quran setiap saat.

10. Muslim Companion

Aplikasi adzan terakhir yang bisa kamu coba adalah Muslim Companion. Aplikasi adzan ini menyediakan berbagai fitur komplit seperti notifikasi adzan, jadwal puasa, doa harian, wallpaper Islami, kalender Hijriah, Al Quran digital, dll.

Al Quran digital pada aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan audio, terjemahan, dan penjelasan tajwid untuk kamu yang baru mempelajari bacaan Al Quran dengan benar.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat berguna apabila kamu bepergian karena menyediakan peta yang menunjukkan lokasi masjid dan restoran halal terdekat berdasarkan GPS di HP kamu.

Oke, itu dia rekomendasi aplikasi adzan terbaik yang sangat berguna untuk mengingatkan secara otomatis masuknya waktu sholat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 10 Aplikasi Desain Baju Online di HP Bisa Untuk Kaos dan Jersey

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *