Dua Anggota Polres Konawe Jadi Korban Saat Kawal Aksi Unjuk Rasa

Konawe – Kawal jalannya aksi unjuk rasa yang dilakukan Kerukunan Keluarga Napooha dan Walanapo (KANAWA) di depan kantor Bupati Konawe Senin (15/01/2024), dua anggota polisi dari Polres Konawe mengalami luka bakar.

Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi, melalui Kasat Reskrim IPTU Patria W Sigit menyampaikan bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 09.45 WITA di depan gerbang masuk kantor Bupati Konawe.

Patria menjelaskan bahwa saat itu, peserta aksi menggelindingkan ban bekas ke arah pintu gerbang sambil menyiramkan bensin untuk dibakar. Tim negosiator KBO Samapta dan Kasat Binmas sebagai pengendali aksi unjuk rasa di lapangan berusaha mencegah pembakaran ban tersebut di depan gerbang.

Tim dari Polres Konawe ini memberi himbauan kepada pengunjuk rasa karena pada saat itu massa aksi sudah siap diterima oleh Asisten II Pemda Kabupaten Konawe, Muh. Akbar, SP, M.Si.

Baca Juga: Gadis Asal Konawe Tewas Tenggelam di Bekas Galian Tambang

“Namun, koordinator lapangan saat itu tidak menerima dan massa aksi terus meluncurkan ban kedua yang sudah diberi bensin sebelumnya. Ban tersebut kemudian dinyalakan dengan korek api, mengakibatkan luka bakar pada dua anggota Polres Konawe,” ujar IPTU Patria.

Menurut Patria, akibat peristiwa tersebut kedua korban yaitu AKP Kadek Sudiadnyana dan Aiptu Amin Sutiarso mengalami luka bakar di wajah dan tangan. Saat ini keduanya telah mendapatkan perawatan medis di RS Konawe.

Polres Konawe kemudian melakukan tindakan tegas dengan menangkap 10 orang koordinator lapangan (korlap) dan beberapa peserta aksi yang diduga terlibat dalam pembakaran ban tersebut yang mengakibatkan jatuhnya dua korban dari Polres Konawe.

“Saat ini, kami sedang menyelidiki secara intensif terhadap 10 orang yang diduga terkait dengan kejadian pembakaran ban bekas tersebut,” tambah Kasat Reskrim IPTU Patria.

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *