Pj Bupati Konawe Bahas RDTR Routa di Kementerian ATR/BPR

Jakarta – Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba menghadiri undangan dari Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional dalam rangka rapat koordinasi lintas sektor mengenai pembahasan Rancangan Peraturan Kepala Daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di Jakarta, Selasa (30/01/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Pj Bupati Konawe menyampaikan beberapa poin penting terkait Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan Routa. Dia membahas latar belakang, potensi sumber daya, masalah, peluang, tantangan, tujuan penataan ruang WP Routa, dan delineasi RDTR Routa.

Dalam konteks ini, Harmin Ramba menyatakan bahwa Pemkab Konawe akan terus mendukung dan mendorong inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing Kecamatan Routa.

“Kami juga akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait, baik swasta maupun lembaga pemerintah lainnya, untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mendukung pertumbuhan ekonomi kecamatan ini,” ujar Harmin Ramba.

Menurutnya, pengembangan potensi Kecamatan Routa juga harus sejalan dengan upaya pelestarian lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan secara bijaksana dan berkelanjutan agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Launching BPCB Guna Tekan Inflasi dan Kemiskinan

Melalui implementasi RDTR ini, diharapkan Kecamatan Routa dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, memberi manfaat maksimal bagi masyarakat dan menjadi contoh untuk wilayah lain dalam pembangunan berdaya saing dan berwawasan lingkungan.

Kecamatan Routa memiliki potensi yang sangat besar. Baik dari segi sumber daya alam, keberagaman budaya, maupun potensi Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh sebab itu, optimalisasi potensi kecamatan ini bukan hanya keharusan, tetapi merupakan tanggung jawab bersama.

“Berbagai sektor dapat dioptimalkan, mulai dari sektor pertanian/perkebunan, pariwisata, hingga sektor industri kecil dan menengah. Perluasan akses infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta pemberdayaan masyarakat lokal merupakan kunci utama dalam mencapai optimalisasi potensi di Kecamatan Routa,” jelas Harmin Ramba.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Harmin Ramba mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen dan berkontribusi aktif dalam upaya optimalisasi potensi Kecamatan Routa ini.

“Melalui sinergi dan kerja sama yang baik, saya yakin kita dapat mencapai hasil yang optimal dan memberikan dampak positif bagi perkembangan Kabupaten Konawe secara keseluruhan,” tutup Harmin Ramba.

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *