Pj Bupati Konawe Launching BPCB Guna Tekan Inflasi dan Kemiskinan

Konawe – Pj Bupati Konawe, Dr. Harmin Ramba, SE, MM resmi meluncurkan program penyaluran bantuan pangan cadangan beras Pemkab Konawe di Gudang Bulog Unaaha pada Rabu (24/01/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat, antara lain Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, S.IK, Kepala Kejaksaan Negeri Konawe Dr. Musafir, SH, S.Pd, MH, Perwira Penghubung Kodim 1417 Kendari, Letkol Inf. Azwar Dinata, SH, serta para Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Perum Bulog Subdivre Unaaha, Muh. Abdan Djarmin, SE, MM, Kabag Ekonomi, Kabag Umum, dan Yusnita, S.Sos.

Abdan Djarmin, Kepala Perum Bulog Subdivre Unaaha dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini persediaan beras Bulog Unaaha mencapai 1600 ton, gula pasir 100 ton, dan minyak goreng 40 ribu liter, dengan perkiraan penambahan 80 ribu liter minyak goreng pada bulan Maret.

Dengan stok tersebut, pihaknya bersama pemerintah daerah berencana melakukan gerakan pangan murah atau pasar murah untuk menstabilkan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Baca Juga: Harmin Ramba Pimpin Operasi Pasar Guna Stabilkan Harga Sembako di Konawe

Pj Bupati Konawe, menyampaikan fokus Pemda Konawe pada penanganan inflasi, kemiskinan ekstrem, dan stunting. Peluncuran bantuan cadangan beras pemerintah ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat.

Meskipun terdapat penurunan atau peningkatan program kerja yang signifikan, Harmin Ramba menekankan pentingnya terus berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Harmin Ramba juga mencatat bahwa sejak 1 Februari 2024, Pemda Konawe tidak lagi bergantung pada Kota Kendari untuk data inflasi daerah, melainkan sudah mandiri dalam merilis data sendiri. Dia menegaskan bahwa upaya operasi pasar telah dilakukan, dan harga-harga cenderung stabil.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe, Abdul Hasim, SP, M.SI, menambahkan bahwa untuk periode Januari hingga Juni 2024, Pemda Konawe, melalui Dinas Ketahanan Pangan akan menyalurkan bantuan ke masyarakat bekerja sama dengan Forum Bulog dan PT Pos Indonesia.

Bantuan BPCB yang akan disalurkan mencapai 218.250 kilogram atau 218 ton kepada 21.825 penerima manfaat yang tersebar di 28 kecamatan.

Setiap penerima manfaat akan menerima bantuan 10 kg beras dari pemerintah, dengan penyaluran dilakukan oleh tim dari Bulog, PT Pos Indonesia, dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe.

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *