Konawe Masuk Jajaran Kabupaten dengan Kinerja Tinggi se-Indonesia

Konawe – Kabupaten Konawe terus menorehkan prestasi gemilang sejak di pimpin oleh Pj Bupati, Harmin Ramba. Baru-baru ini, daerah lumbung padi Sulawesi Tenggara ini meraih peringkat ke-13 secara nasional dari 414 kabupaten di seluruh Indonesia dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2023.

Hal ini sebagaimana diumumkan dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 100.2.1.7-6646 tahun 2023 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara nasional tahun 2023.

Dari laporan tersebut, Kabupaten Konawe meraih skor 3,5027 atau satu tingkat lebih tinggi dari Kabupaten Lamongan yang menempati urutan 14 dengan skor 3,5018. Prestasi ini tentu menjadi bukti bahwa Kabupaten Konawe merupakan salah satu daerah dengan kinerja tinggi di Indonesia.

Penjabat Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM, menyatakan bahwa prestasi ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah, tetapi juga memberikan motivasi untuk terus meningkatkan kinerja di masa depan.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Fokus Tata Kelola Kota di 100 Hari Kerja Jilid II

Harmin Ramba berterima kasih kepada tim, Sekretaris Daerah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan masyarakat Kabupaten Konawe atas kontribusinya sehingga Konawe bisa meraih prestasi seperti saat ini.

Dia menegaskan bahwa capaian ini mencerminkan komitmen pemerintah daerah untuk menjaga integritas, transparansi, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Ini adalah sebuah wujud komitmen Pemda untuk menjaga interitas, transparansi serta akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah,” ujar Harmin saat dihubungi awak media, Kamis (18/01/2024).

Meskipun mendapatkan prestasi peringkat ke-13 nasional, Harmin Ramba menekankan bahwa ini bukan saatnya untuk berpuas diri. Sebaliknya, prestasi ini harus dijadikan motivasi untuk terus meningkat, dengan tujuan bukan hanya masuk dalam 10 besar, tetapi menjadi yang terbaik secara nasional.

Baca Juga: Ketua DPRD Konawe Minta Sertifikat Lahan Trans UPT Parudongka Segera Diberikan

Harmin Ramba mengimbau seluruh perangkat daerah untuk terus meningkatkan kinerja dan menjaga disiplin sebagai aparatur pemerintah. Dia juga berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar roda pemerintahan tetap berjalan dengan baik dan target prestasi yang lebih tinggi bisa tercapai.

“Selebihnya, kami berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar kedepan roda pemerintahan tetap berjalan dengan baik dan target menjadi yang terbaik ditingkat nasional bisa kita wujudkan,” kata Harmin dengan optimis.

Sebelumnya, Kabupaten Konawe telah meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri pada bulan April 2023. Kabupaten ini menjadi satu-satunya daerah di Indonesia Timur yang mendapatkan penghargaan tersebut berdasarkan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah (EPPD) tahun 2022.

Prestasi ini tentu menambah daftar prestasi sebelumnya, di mana Kabupaten Konawe juga menjadi daerah terbaik secara nasional dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun anggaran 2021 untuk kategori Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sedang.

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *