10 Tempat Wisata di Muna Barat Terbaik Untuk Liburan

Unaaha – Tempat wisata di Muna Barat merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Sulawesi Tenggara. Karena itu, apabila kamu punya rencana liburan tahun ini maka masukkan Muna Barat ke daftar teratas tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

Sebelum membahas tempat wisata di Muna Barat apa saja yang wajib kamu kunjungi, sebaiknya kamu mengenal lebih dekat dengan Muna Barat terlebih dahulu. Hal ini perlu untuk memastikan liburanmu berjalan dengan lancar selama berada di sini.

Oke, mari kita bahas sedikit seputar Muna Barat.

Muna Barat adalah sebuah kabupaten yang terletak di bagian tenggara provinsi Sulawesi Tenggara dan merupakan bagian dari kepuluan Muna. Kabupaten ini terdiri dari sejumlah pulau yang menawarkan keindahan alam tropis, pantai-pantai eksotis, serta keanekaragaman budaya cukup dalam.

Selain itu, kabupaten ini juga berbatasan dengan Teluk Bone di sebelah barat dan Samudera Hindia di sebelah timur.

Pulau-pulau di Muna Barat dikenal memiliki pantai-pantai yang menakjubkan dengan pasir putih dan air laut yang jernih.

Meskipun belum sepopuler dengan destinasi wisata lain di Indonesia, Muna Barat memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata yang menarik. Keindahan alam yang masih alami dan keunikan budaya daerah ini membuatnya menjadi tempat yang menarik bagi para wisatawan yang mencari pengalaman berbeda saat berwisata.

Dalam mengembangkan pariwisata, Muna Barat juga semakin fokus pada upaya konservasi lingkungan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa keindahan alam yang dimiliki tetap terjaga dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Nah, mulai penasaran kan! Tanpa basa basi lagi, selamat datang di Muna Barat.

1. Pulau Indo

Dari namanya, kamu tentu sudah tidak asing dengan Pulau Indo karena akhir-akhir ini sering diberitakan dan salah satu tujuan destinasi wisata paling booming di Muna Barat.

Destinasi wisata bahari Sulawesi Tenggara ini terletak di gugusan kepulauan Tiworo yang dapat diakses dengan menyewa perahu nelayan dengan harga sewa bervariasi tergantung pada ukuran dan kecepatan perahu.

Pulau ini menawarkan keindahan pantai pasir putih, pemandangan laut yang memukau dan sunset yang menakjubkan dikala sore hari menjelang terbenamnya matahari.

Pulau Indo memiliki karakteristik serupa dengan Pulau Bokori di Kabupaten Konawe, namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Apabila ingin berkunjung ke sini, kamu bisa menyewa kapal tradisional di pesisir Tiworo dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit.

2. Pulau Apung

Namanya sesuai dengan apa yang kamu lihat karena Pulau Apung berada di atas permukaan laut dengan daya tarik alam yang luar biasa.

Jika ingin merasakan keunikan pulau ini, coba kunjungi Pelabuhan Speed di Desa Pajala. Dari desa tersebut kamu bisa menyewa perahu nelayan untuk menyeberang. Harga yang ditawarkan oleh nelayan sangat murah untuk memastikan wisatawan tetap bisa menikmati Pulau Indo walau dengan dana terbatas.

Menumpangi perahu, kamu akan diajak untuk menjelajahi lautan dan jalan yang terapung di atas permukaan laut. Di sini, berbagai aktivitas sehari-hari suku Bajo kamu lihat yang akan memberi kesan tidak terlupakan dalam tempat dihatimu.

Tentu kamu dapat memanfaatkan hal ini sebagai kesempatan untuk berfoto atau menciptakan pengalaman baru yang tidak dapat kamu temukan lagi di tempat lain.

3. Pulau Gala

Muna Barat merupakan kepulauan yang berdataran rendah maka tak heran jika terdapat pulau-pulau cantik dengan pantai yang menawan. Salah satunya adalah Pulau Gala.

Kondisi topografi Pulau Gala menjadikannya sebagai destinasi ideal bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi pulau-pulau tersebut yang dihuni sejumlah kecil penduduk setempat. Uniknya, penduduk ini masih menjaga tradisi dan gaya hidup tradisional hingga saat ini.

Daya tarik lain dari Pulau Gala adalah beragam kegiatan dan olahraga air bisa kamu nikmati disini, mulai dari memancing, menyelam, diving dan tentu menikmati hidangan khas setempat. Semua ini menambah daya tarik saat kamu menjelajahi Muna Barat.

4. Pulau Gala Kecil

Dengan ukuran lebih kecil dari Pulau Gala, pulau ini juga dikenal dengan sebutan Little Gala Island.

Meskipun lebih kecil, lokasinya tidak jauh dari Pulau Gala yang lebih besar. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan pasir putih bersih dan batuan yang menambah sentuhan eksotis saat kamu berada di pulau ini.

Selain itu, pulau ini tidak berpenghuni sehingga keasrian alam pulai ini masih terjaga yang akan membuatmu betah untuk berlama lama.

5. Danau Gempol

Tempat wisata di Muna Barat yang wajib kamu kunjungi setelah Pulau Gala dan Pulau Gala Kecil adalah Danau Gempol.

Siapapun yang menginjakkan kakinay disini akan mengagumi keindahan dari Danau Gempol? Danau ini menawarkan pemandangan luar biasa indah dengan air yang jernih dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Selain itu, danau ini tampak lebih menarik dengan adanya jalan setapak bambu di atas danau, memberikan pengunjung kesempatan untuk menikmati pemandangan sambil berjalan santai menyusuri danau.

6. Danau Grumbul Parura Jaya

Dikenal sebagai tempat pemancingan paling populer di Muna Barat, tempat Pemancingan Parura Jaya pernah menjadi lokasi syuting salah satu acara TV terkenal di Indonesia.

Keindahan alam sekitarnya masih terjaga baik dengan rawa besar dan tanaman eceng gondok dipermukaan air menciptakan pengalaman memancing yang tidak akan terlupakan.

Kebersihan air dan udara yang sejuk juga akan membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan alam di spot wisata ini.

Selain itu, jangan khawatir tidak membawa pulang tangkapan saat memancing karena baru-baru ini Danau Grumbul diperkaya dengan tebaran 10 ribu bibit ikan Merah dan Nila oleh pengurus desa setempat.

7. Air Sangia

Berikutnya ada tempat wisata Air Sangia di Muna Barat yang sayang untuk kamu lewatkan.

Ketika matahari sedang terik, Air Sangia adalah tempat yang ideal bagi kamu untuk berendam atau bermain air bersama teman atau pun kerabat.

Selain menjadi tempat rekreasi, mata airnya juga dianggap sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat setempat yang harus terus dilestarikan oleh Desa Kabangka.

8. Pantai Pajala

Pantai Pajala adalah salah satu destinasi pantai yang paling memukau di Muna Barat. Pantai ini seringkali menjadi tujuan utama para wisatawan apabila berada di Muna Barat. Pantai ini dipercaya jauh lebih baik dari Pantai Nambo, salah satu tempat wisata di Kendari.

Pantainya menawarkan pesona alam menakjubkan dengan pasir putih yang bersih dan lembut. Ombaknya juga cenderung tenang menciptakan suasana yang pas untuk berenang. Selain itu kamu bisa melakukan snorkeling dibibir pantai untuk menikmati pemandangan bawah laut yang kaya akan kehidupan laut dan terumbu karang yang menawan.

Selain keindahan pantainya, destinasi wisata ini juga menawarkan pemandangan indah dari beberapa pulau terdekat. Hal ini menambah daya tarik pantai juga memberi pengalaman yang lebih dalam bagi para pengunjung.

Pantai Pajala dengan segala keunikan dan daya tariknya menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang wajib untuk kamu jelajahi.

9. Desa Agrowisata Abadi Jaya

Desa Agrowisata Abadi Jaya di Muna Barat adalah sebuah destinasi wisata yang menggabungkan pesona alam, pertanian dan kehidupan masyarakat lokal yang cukup mudah dijangkau.

Desa ini tidak hanya menawarkan pesona alam namun juga memperkenalkan keberagaman budaya penduduk lokal. Di sini kamu dapat merasakan atmosfer kehidupan desa dengan berbagai suku yang hidup saling berdampinga .

Karena destinasi wisata ini bertema agrowisata maka disini kamu akan menemukan hamparan sawah luas nan hijau yang bisa kamu jelajahi dengan santai.

Selain itu, desa ini juga memiliki berbagai macam perkebunan termasuk perkebunan cokelat, sayur-mayur dan buah-buahan segar. Di sini kamu akan melihat proses pertanian secara langsung dan bahkan diberi kesempatan untuk memetik buah-buahan dari pohonnya.

Terakhir, kamu dapat mencicipi kuliner lokal asli daerah ini yang sering kali disajikan dari hasil bumi desa itu sendiri. Tentu Ini memberikanmu kesempatan merasakan berbagai kuliner khas daerah tersebut.

10. Permandian Wakante

Tempat wisata terakhir di Muna Barat yang wajib kamu kunjungi adalah Permandian Wakante. Ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang menawarkan kepada kamu sebuah pengalaman wisata menyenangkan.

Permandian Wakante terkenal karena airnya yang jernih dan bersumber langsung dari sebuah mata air. Kualitas airnya juga sangat baik bagi para pengunjung yang datang ingin berendam atau bermain air.

Lokasi permandian ini juga dikelilingi oleh pemandangan alam yang menyejukkan. Hijaunya pepohonan dan keasrian alam sekitarnya yang masih alami menciptakan suasana tenang dan ideal untuk bersantai bersama keluararga.

Destinasi wisata ini juga menjadi pilihan yang tepat saat musim panas karena disini kamui bisa menikmati kebahagiaan berendam di air segar sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Selain itu, Permandian Wakante juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti area beristirahat, tempat ganti pakaian dan fasilitas umum lainnya. Hal ini untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengunjung yang datang berwisata.

Itulah 10 tempat wisata di Muna Barat yang bisa kamu jadikan referensi untuk liburan kali ini. Sebagai kabupaten yang belum lama terbentuk, Muna Barat menawarkan pesona alam eksotis yang sulit untuk diabaikan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam dimanapun tempat wisata yang kamu kunjungi dan nantikan artikel seputar wisata Sultra lainnya.

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *