23 Tempat Wisata di Kendari Paling Seru Saat Berakhir Pekan

Sudah punya rencana akan wisata kemana akhir pekan ini? Cek daftar lengkap tempat wisata di Kendari yang lagi hits, terbaru dan paling populer untuk kamu jadikan tujuan wisata akhir pekan ini.

Unaaha – Tempat Wisata di Kendari adalah sebuah destinasi tersembunyi di pelosok Indonesia Timur, seperti rahasia yang belum sepenuhnya terkuak oleh para wisatawan.

Ibu kota Sulawesi Tenggara ini menyimpan beragam tempat wisata menarik yang tidak kalah dengan tempat wisata di Muna Barat atau destinasi wisata daerah lain di Indonesia.

Namun sangat disayangkan, pesona alamnya yang begitu memukau terkadang hanya bisa diakses oleh sebagian kecil orang. Kesenjangan informasi mengenai keindahan Kendari seolah menjadi masalah tersendiri, sebuah cerita yang tidak tersampaikan dengan baik.

Kami tentu tidak bisa mengabaikan fakta bahwa keelokan alam Kendari terkadang diliputi oleh ketidakpastian dan ketidakjelasan. Sedikitnya informasi dan promosi menyebabkan tempat wisata di Kendari tidak mendapat sorotan yang seharusnya.

Karena itu, kami mengajak kamu untuk menemukan solusi atas ketidaksetaraan informasi ini, mengabarkan dan menghidupkan kembali cerita indah Kendari sebagai tempat wisata yang pantas dikenal oleh semua orang.

Faktualnews.net telah merangkum berbagai tempat wisata di Kendari yang lagi hits, terbaru, sedang viral saat ini yang pantas kamu kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan bersama teman ataupun keluarga.

Berikut tempat wisata di Kendari yang wajib kamu kunjungi:

1. Teluk Kendari

Tempat wisata di Kendari yang pertama wajib kamu kunjungi saat berada di Kendari adalah Teluk Kendari. Selain menjadi objek wisata utama untuk warga sekitar, Teluk Kendari juga adalah ikon Kota Kendari.

Terletak di tengah Kota Kendari, teluk ini membagi wilayah menjadi dua bagian berkat adanya Jembatan Teluk Kendari yang membentang sepanjang 1,34 km untuk menghubungkan Kota Lama dengan Pulau Bungkutoko dan menjadi salah satu jembatan terpanjang ketiga di Indonesia yang membelah laut.

Jauh dari hiruk-pikuk kota, teluk ini adalah tempat paling pas untuk menikmati ketenangan dan keasrian alam Kota Kendari.

Lokasi: Jl. Wr. Soepratman, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

2. Kendari Beach

Di tepian Teluk Kendari, kamu dapat menemukan Kendari Beach atau masyarakat lokal sering menyebutnya Kebi. Tempat wisata ini merupakan salah satu objek wisata paling hits di Kendari pada masanya.

Lokasi ini sangat pas dikunjungi menjelang senja, pantai ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah, disertai lautan tenang.

Selain pemandangan memukau, di sini kamu bisa menikmati berbagai kuliner yang ditawarkan oleh pedagang kuliner kaki lima yang siap memuaskan lidahmu dengan aneka jajanan khas Kendari.

Lokasi: Jl. Sultan Hasanuddin No.27, Punggaloba, Kec. Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

3. Anjungan Teluk Kendari

Tempat wisata Kendari selanjutnya yang wajib kamu kunjungi saat menginjakkan kaki di Kendari adalah Anjungan Teluk Kendari.

Ini adalah salah satu objek wisata terbaru di Kendari yang menawarkan berbagai wahana seperti bianglala, kora-kora, komedi putar, playground, dan jembatan kaca.

Anjungan Teluk Kendari ini sangat pas untuk kamu jadikan tempat berakhir pekan bersama keluarga, apalagi disini juga tersedia food court dengan berbagai macam kuliner khas Kota Kendari yang tentu akan memuaskan selera makanmu.

Lokasi: Jl. Ir. H. Alala, Tipulu, Kec. Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

4. Pantai Nambo

Pantai Nambo di Kecamatan Abeli, Kendari merupakan salah satu wisata bahari di Sulawesi Tenggara paling populer yang menawarkan hamparan pasir putih, pepohonan asri di sekitar pantai, dan ombak tenang.

Gazebo di pinggir pantai juga memungkinkan kamu bersantai sambil menikmati keindahan pantai.

Daya tarik utama dari Pantai Nambo tentu bibir pantainya. Berjalan telanjang kaki di atas pasir putih ini memberikan sensasi menyenangkan bagi pengunjung. Selain itu, air laut di Pantai Nambo tampak begitu jernih sehingga memungkinkan kamu melihat kehidupan bawah laut yang kaya akan keindahan.

Pepohonan hijau dan beragam jenis tanaman yang tumbuh di sekitar pantai menambahkan nuansa alam yang asri dan memberikan kesan bahwa Pantai Nambo adalah tempat yang masih alami dan terjaga.

Lokasi: Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

5. Pantai Pirla

Pantai Pirla atau Pantai Pinggir Laut di Watu-Watu, Kendari Barat juga sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Kendari ini menawarkan pasir putih, air laut jernih, dan ombak yang tenang.

Selain itu, ada banyak warung kuliner di sekitar pantai membuat pengunjung tidak repot mencari makanan untuk mengisi perut setelah seharian beraktivitas di pantai.

Dengan semua fasilitas yang tersedia, tentu ini akan menambah kenyamanan pengunjung saat datang berwisata di Pantai Pirla.

Lokasi: Watu-Watu, Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

6. Pantai Karang Purirano

Tempat wisata di Kendari selanjutnya yang wajib kamu sambangi adalah Pantai Karang Purirano. Pantai ini terletak sekitar 13 kilometer dari pusat Kota Kendari, tepatnya di Kelurahan Purirano.

Pantai ini menarik perhatian dengan keberadaan batuan karang yang tersebar di tepi pantai dan di perairan sekitarnya. Saat air laut surut, pengunjung dapat mengeksplorasi keindahan pantai ini dan mengumpulkan kerang di sekitarnya.

Fenomena tersebut umumnya terlihat saat air surut dan banyak pengunjung yang aktif ikut serta dalam kegiatan mencari kerang bersama warga setempat. Pantai Karang Purirano tidak hanya menawarkan pemandangan menakjubkan tetapi juga pengalaman interaktif yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Lokasi: Purirano, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

7. Hutan Mangrove Bungkutoko

Selain dikenal dengan berbagai pantainya, Kendari juga punya pesona hutan mangrove yang menakjubkan dikenal dengan nama Hutan Mangrove Bungkutoko.

Objek wisata berupa hutan mangrove ini terletak di Pulau Bungkutoko, Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Abeli, Kota Kendari yang dapat dijangkau dengan perjalanan sekitar 30-45 menit dari pusat kota.

Hutan Mangrove Bungkutoko tidak hanya memanjakan kamu dengan keindahan alamnya, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas seperti gazebo, menara pantau, warung kuliner, spot foto, dan fasilitas publik lainnya.

Selain itu, tempat wisata ini juga telah disediakan jalur khusus bagi wisatawan yang terlihat mirip seperti di Pulau Indo, Muna Barat. Hal ini memungkinkan kamu menjelajahi langsung keanekaragaman vegetasi mangrove disekitar.

Menariknya, jalur wisatawan tersebut dirancang dengan sentuhan warna-warni yang semakin menambah daya tarik mengabadikan momen di Hutan Mangrove Bungkutoko.

Lokasi: Bungkutoko, Kec. Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

8. Kebun Raya Kendari

Tempat wisata di Kendari tidak melulu hanya pantai, sebab Ibu Kota Sulawesi Tenggara ini juga punya Kebun Raya loh.

Kebun Raya Kendari ini awalnya adalah sebuah kawasan digunakan sebagai lahan tambang batu serta pasir yang kemudian disulap oleh Pemkot Kendari menjadi sebuah Kebun Raya yang dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Dengan luas yang mencapai 96 hektar, kawasan ini juga memiliki posisi yang strategis, hanya 12 km atau 30 menit berkendara dari pusat kota.

Di tengah-tengah Kebun Raya, terdapat aliran sungai kecil yang memberikan kesan sejuk dan segar bagi para pengunjung. Selain itu, kawasan ini dilengkapi dengan taman tematik, menara pandang, gazebo, camping ground, mushola, toilet, area parkir, visitor center, dan pusat studi atau penelitian.

Lokasi: Jl Kebun Raya Nanga-Nanga, Anduonohu, Kec. Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

9. Puncak Amarilis

Salah satu destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk menikmati keindahan Kota Kendari dari ketinggian adalah Puncak Amarilis. Puncak ini merupakan tempat favorit bagi para pencinta camping, terutama kalangan muda Kota Kendari

Meskipun akses ke puncak Bukit Amarilis cukup sulit dengan medan yang terjal namun nantinya jika tiba dipuncak bukit ini, kamu akan dapat menikmati panorama spektakuler Kota Kendari, serta menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam.

Tempat wisata yang sedang hits di Kendari ini terletak di Kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Kota Kendari, di Kelurahan Watu-Watu, Kecamatan Kendari Barat.

Lokasi: Watu-Watu, Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

10. Puncak ST

Selain Puncak Amarilis, Kendari juga memiliki Puncak Saiful Tamburaka (ST) yang juga ramai dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan.

Puncak ini terletak di Abeli Dalam, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari. Tempat wisata ini menawarkan perbukitan hijau, spot foto menarik, dan hammock untuk bersantai.

Perjalanan menuju Puncak ST ini memang tidak mudah namun semua usahamu akan terbayarkan dengan pemandangan yang memukau dari atas puncak.

Lokasi: Abeli Dalam, Kec. Puuwatu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

11. Pegunungan Nipa-nipa

Tempat wisata di Kendari selanjutnya yang wajib kamu kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan adalah Pegunungan Nipa-nipa. Pegunungan Nipa-nipa menawarkan lanskap menakjubkan dengan puncak-puncak menjulang tinggi dan lembah yang hijau.

Keberadaan air terjun di sekitar pegunungan juga menambah daya tarik dari Pegunungan Nipa-nipa. Suara gemericik air yang jernih dan keindahan alam sekitar menciptakan atmosfer yang menenangkan dan memanjakan indera.

Selain itu, tempat wisata ini layaknya surga bagi para pecinta hiking dan trekking. Berbagai jalur hiking tersedia, mengajak kamu untuk menjelajahi setiap sudut pegunungan dan menikmati keindahan alamnya.

Lokasi: Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

12. Citraland Waterpark

Citraland Waterpark dari Ciputra Group adalah tempat wisata air kekinian yang paling populer di Kota Kendari. Taman bermain air ini berada di Anduonohu, Kecamatan Poasian, Kendari.

Waterpark ini menawarkan berbagai macam wahana menarik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, Citraland Waterpark Kendari di fasilitasi dengan cafe dan restoran yang bisa kamu jadikan tempat gathering ataupun perayaan ulang tahun.

Harga tiket masuk ke Citraland Waterpark ini dibanderol Rp 35.000 saat hari biasa dan Rp 50.000 pada akhir pekan. Namun jangan khawatir karena mereka sering mengadakan promo termasuk diskon tiket masuk.

Lokasi: Anduonohu, Kec. Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

13. Masjid Al Alam

Masjid Al Alam yang berada di Jalan ZA Sugianto ini adalah destinasi religi ikonik Kota Kendari dengan empat menara menyerupai Burj al Arab di Dubai.

Masjid dengan kapasitas 10.000 jama’ah ini punya daya tarik tersendiri karena berada ditengah teluk dan pengunjung akan melewati hutan bakau apabila menuju ke Masjid Al Alam.

Masjid ini diprakarsai oleh mantan Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam pada tahun 2010 dan diresmikan untuk umum pada tahun 2018.

Lokasi: Jl Lalolara, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Selatan.

14. Mantara Waterpark

Tempat wisata di Kendari selanjutnya adalah Mantara Waterpark. Destinasi wisata ini begitu memukau dengan mengusung konsep wisata dua budaya berbeda, yaitu Bali dan Tolaki.

Selain perosotan sepanjang 25 meter, Mantara Waterpark juga mempunyai tiga kolam semi alami dengan kedalaman bervariasi yang siap untuk kamu jajal. Dikelilingi oleh suasana asri, tempat ini tidak hanya cocok untuk bersantai, tetapi juga memberikan keseruan kumpul bareng bersama teman ataupun keluarga.

Mantara Waterpark menjadi destinasi ideal untuk liburan keluarga atau kamu yang mencari pengalaman berbeda saat berenang. Untuk tiket masuk, kamu cuma perlu merogoh kocek sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000.

Lokasi: Abeli Dalam, Kec. Puuwatu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

15. Museum Negeri Sulawesi Tenggara

Tidak lengkap rasanya berwisata di Kendari tanpa memahami kekayaan Sulawesi Tenggara. Oleh sebab itu, kamu wajib mengunjungi Museum Negeri Sulawesi Tenggara untuk menambah pengetahuanmu seputar daerah ini.

Berdiri sejak tahun 1991, museum ini menawarkan beragam koleksi. Mulai dari objek geologi, biologi, etnografi, arkeologi, numismatik, fisiologi, hingga seni rupa dan teknologi ada di museum ini.

Selain itu, fasilitas yang tersedia di museum ini lumayan lengkap meliputi ruang pameran tetap, ruang pameran sementara, taman, dll.

Lokasi: Jl. Abunawas No.113, Bende, Kec. Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

16. Taman Kota Kendari

Taman Kota merupakan salah satu ikon Kota Kendari yang terletak tepat di depan kantor Walikota Kendari.

Ruang hijau yang nyaman, sejuk, dan indah, taman seluas lima hektar ini menjadi lokasi favorit untuk rekreasi berbagai kalangan. Selain itu, beragam pepohonan besar menambah kesan asri tempat ini yang tentu akan membuatmu betah untuk berlama lama.

Di taman ini, kamu bisa menikmati berbagai aktivitas mulai dari jogging, jalan santai, bersepeda, senam, wisata kuliner, dan lainnya. Taman Kota Kendari juga dilengkapi dengan wahana permainan anak, menjadikannya tempat liburan keluarga yang sempurna.

Lokasi: Mandonga, Kec. Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

17. Agrowisata Qurratu’ain

Tempat wisata di Kota Kendari selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Agrowisata Qurratu’ain.

Menariknya, objek wisata ini menghadirkan nuansa pedesaan di tengah kota, Agrowisata Qurratu’ain di Kendari menawarkan edukasi, kuliner sehat, tanaman sayur, dan perikanan.

Selain itu, terdapat fasilitas menarik seperti gazebo, kapal kuliner, musholla kayu, dan lainnya. Disini, pariwisata dikembangkan sesuai dengan potensi daerah, menawarkan pengalaman unik sesuai dengan daerah setempat!

Lokasi: Jl. Banteng, Rahandouna, Kec. Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

18. Kendari Water Front City

Kendari Water Front City terletak disebelah sungai, kawasan yang dulunya dianggap kumuh kini telah bertransformasi menjadi salah satu tempat wisata menarik di Kendari.

Di sini kamu bisa santai sambil menikmati pemandangan, jogging, dan mencicipi berbagai kuliner khas daerah Kendari.

Lokasi: Petoaha, Kec. Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

19. Papalimbang Kendari

Dahulu, Papalimbang adalah sebutan untuk ojek perahu di Kota Kendari yang digunakan sebagai sarana penyeberangan sungai. Namun kini, masyarakat sekitar mengubah peran Papalimbang menjadi perahu wisata di sekitar Jembatan Teluk Kendari.

Di sini kamu bisa menikmati pengalaman berkeliling dengan perahu tradisional yang indah dan rasakan suasana laut di sekitar jembatan. Kesempatan berkeliling dengan perahu tradisional seperti tentu tidak bisa kamu lewatkan begitu saja.

Lokasi: Lapulu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

20. Air Terjun Nanga-nanga

Butuh refreshing disekitar Kota Kendari? Kamu bisa mengunjungi air terjun Nanga-nanga yang berada di Andonouhu, Kecamatan Poasia, Kendari.

Uniknya, debit air terjun setinggi 5-6 meter dari permukaan tanah ini bergantung pada musim. Akan tinggi saat musim hujan dan rendah pada musim kemarau.

Air terjun kecil ini dikelilingi oleh bukit dan tebing, menciptakan suasana alami yang menyegarkan sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata alami.

Lokasi: Anduonohu, Kec. Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

21. Air Terjun Lasolo

Salah satu destinasi air terjun menarik di Kendari adalah Air Terjun Lasolo yang terletak di Jl Lasolo, Sanua, Kendari Barat, Kota Kendari. Daya tarik utama dari air terjun ini adalah kealamian dan keindahannya masih sangat terjaga.

Meskipun lokasinya agak tersembunyi karena kamu perlu melewati lorong sempit agar bisa mencapai kawasan wisata tersebut. Namun semua jerih payahmu untuk sampai disini akan terbayarkan dengan pemandangan indah Air Terjun Lasolo.

Pengalaman mencapai lokasi air terjun Lasolo menjadi petualangan tersendiri karena apabila beruntung maka kamu akan menemukan berbagai jenis kupu-kupu dengan corak dan warna yang menarik di sekitar air terjun.

Keberadaan air terjun Lasolo tidak hanya memanjakan mata dengan keindahan alamnya, tetapi juga memberikan pengalaman eksplorasi tidak terlupakan bagi para pengunjung yang berani menjelajahi keindahan alam yang masih jarang dijamah oleh manusia.

Lokasi: Sanua, Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

22. The Park Kendari

Berkunjung ke pusat perbelanjaan atau mal bisa menjadi alternatif wisata di Kendari bagi kamu yang malas ke pantai atau air terjun. Ada sejumlah mal di Kendari yang populer oleh masyarakat lokal, salah satunya adalah The Park Kendari.

Mal yang beroperasi sejak tahun 2022 ini berada di Jl Brigjen M Yoenoes, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari. Mal ini memiliki total luas lantai 38.380 m2 yang disertai area parkir yang bisa menampung hingga 470 mobil.

Di mal ini sudah ada sejumlah stan yang terkenal antara lain Matahari Department Store, Hypermart Supermarket, Fun World, Kidzilla, Sport Stations, dan sebagainya. Selain itu, juga tersedia restoran, kafe, area bermain anak, dan sebagainya di pusat perbelanjaan modern ini.

Lokasi: Jl. Brigjen M. Yoenoes, Bende, Kec. Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

23. Lippo Plaza Kendari

Lippo Plaza Kendari merupakan mal modern pertama di Kota Kendari yang resmi dibuka pada tahun 2012. Mal ini berada di lokasi yang strategis di pusat Kota Kendari, tepatnya di Jalan MT Haryono Nomor 61 – 63, Bende, Kecamatan Kadia.

Mal yang terdiri dari empat lantai ini menawarkan berbagai fasilitas dan telah dihuni oleh nama-nama terkenal seperti Matahari Department Store, Hypermart, Pizza Hut, Solaria, Cinepolis, Timezone, dan banyak lagi.

Dengan total luas area yang mencapai 20.983 m2 dan luas lantai keseluruhan mencapai 34.831 m2, Lippo Plaza Kendari telah menjadi destinasi belanja yang paling berpengaruh di Kota Kendari.

Setiap tahunnya lebih dari 3,3 juta pengunjung memadati mal ini, menciptakan suasana yang ramai dan dinamis. Tentu ini memberi gambaran keberhasilan serta daya tarik Lippo Plaza sebagai pusat perbelanjaan utama di wilayah Kota Kendari.

Lokasi: Jl. M.T. Haryono No.61 – 63, Bende, Kec. Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Itulah beberapa tempat wisata di Kendari yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kota Kendari. Selain menikmati keindahan alamnya, jangan lupa mencicipi berbagai kuliner khas Kendari untuk membuat liburanmu semakin sempurna.

Selamat berakhir pekan!

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *