Tani Prima Makmur Gunakan 98% Pekerja Lokal, Pj Bupati Konawe Apresiasi Hal Itu

Konawe – Pj Bupati Konawe Harmin Ramba menyampaikan apresiasinya kepada PT Tani Prima Makmur (TPM) yang menggunakan 98% tenaga kerja lokal dalam kegiatan perusahaan di Kabupaten Konawe.

Hal ini disampaikan oleh Pj Bupati Konawe saat melakukan kunjungan kerja bersama para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Konawe ke pabrik pengolahan kelapa sawit Tani Prima Makmur Senin (11/12/2023) di Desa Lerehoma, Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe.

Saat kedatangannya, Pj Bupati Konawe dan rombongan disambut oleh Mei Ekaminsa selaku Direktur Operasional di PT TPM bersama manajemen perusahaan.

Harmin Ramba dalam keterangannya menyampaikan apresiasinya kepada perusahaan tersebut yang telah mengakomodir pekerja lokal hingga 98% dari total karyawan di PT TPM.

“Sebenarnya, saat ke sini saya ingin menekankan pada pihak perusahaan agar dalam rekrutmen tenaga kerja bisa mengutamakan pekerja lokal. Namun tadi pihak perusahaan sudah menyampaikan bahwa saat ini 98% karyawannya berasal dari tenaga kerja lokal, itu sudah maksimal,” ujarnya.

Baca Juga: Harmin Ramba Tegas Menepis Isu Pungli Mengatasnamakan Dirinya

Selain itu, Harmin Ramba masih dikesempatan yang sama juga menyebut tentang Upah Minimum Kabupaten (UMK).

“Insya Allah akan kita tingkatkan dan kalau bisa lebih tinggi lagi dari Upah Minimum Provinsi (UMP) saat ini agar tenaga kerja kita bisa lebih sejahtera,” ujar Harmin.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Pj Bupati Konawe juga menyampaikan beberapa kabar gembira bagi masyarakat di Kecamatan Anggaberi dan para petani yang memiliki lahan tidak produktif namun ingin memanfaatkan lahan tersebut.

“Untuk petani, kita akan bantu masalah pupuk dan memberikan mereka bibit secara gratis. Selain itu, jalan di Anggaberi akan kita aspal secara bertahap,” tuturnya.

Dalam penyambutan Pj Bupati Konawe yang berkunjung ke TPM, Mei Ekaminsa menyampaikan terimakasih dan memaparkan beberapa pencapaian perusahaan tersebut selama beroperasi di Kabupaten Konawe.

Baca Juga: Ahuawatu Dinobatkan Sebagai Desa Antikorupsi 2023 dari Sulawesi Tenggara

Menurut Direktur Operasional PT TPM, saat ini ada 6.577 hektar telah ditanami kelapa sawit yang 43% merupakan kemitraan. Saat ini perusahaan juga memiliki satu pabrik pengolahan kelapa sawit dengan kapasitas 45 ton/jam dan telah melibatkan 1.533 tenaga kerja yang 98% merupakan masyarakat lokal.

Selain itu, perusahaan juga memberi kesempatan kepada pelajar atau mahasiswa yang ingin magang atau melakukan penelitian untuk karya ilmiah mereka di PT TPM.

“Saat ini kami sudah ada MoU dengan Universitas Lakidende (Unilaki). Jadi kehadiran perusahaan di sini menjadi salah satu bagian untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Konawe,” ujar Mei.

Mei Ekaminsa juga menambahkan bahwa perusahaan juga terus berbenah untuk menjadi salah satu perusahaan perkebunan terbaik di Sulawesi Tenggara.

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *