Capaian Pj Bupati dalam 100 Hari Kerja Memimpin Kabupaten Konawe

Konawe – Dalam 100 hari memimpin, sejumlah pencapaian diukir oleh Harmin Ramba. Hal ini terungkap dalam acara ekspos 100 hari kepemimpinan beliau yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) disebuah Hotel di Kota Unaaha, Rabu (27/12/2023).

Acara ekspos bertajuk “Mari Wujudkan Kabupaten Konawe Maju Mandiri dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045” ini turut dihadiri oleh beberapa tokoh, termasuk Kapolres Konawe, Pabung 1417 Kendari, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Ketua KPU Konawe, Sekda Konawe, Kepala BPS Konawe, perwakilan Kepala Bappeda Provinsi, pihak Perbankan, Kepala Bulog Unaaha, Camat, Kades, Lurah, dan undangan lainnya.

Harmin Ramba menyampaikan keberhasilan Pemda Konawe dalam mengurangi angka Stunting, Inflasi, dan Kemiskinan Ekstrem. Ketiga hal ini juga merupakan perhatian utama dari Presiden RI saat ini, Joko Widodo.

“Ketiga isu ini menjadi perhatian kami dan berhasil kita kendalikan. Untuk stunting, pertama kali kami menjabat, tingkatnya mencapai 28 % dan kini turun menjadi 5,7 %. Begitu juga dengan inflasi, yang turun dari 2,8 menjadi 2,3 % saat ini. Kemudian, angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Konawe turun dari 12 menjadi 6 %,” ungkap Harmin Ramba.

Lebih lanjut, Harmin Ramba juga menyinggung penyelesaian berbagai persoalan di masyarakat termasuk kebijakan mitigasi penanggulangan bencana dan tanggap darurat bencana kekeringan.

Baca Juga: Tekan Inflasi, Pj Bupati Konawe Salurkan Bantuan 14,9 Ton Beras di Soropia

Dalam konteks kekeringan, Harmin Ramba telah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang terdampak.

Bupati Konawe juga mengalokasikan anggaran untuk pembuatan sumur bor bagi warga yang mengalami kekeringan akibat El Nino. Selain itu, untuk mempercepat dan memudahkan berinvestasi, PJ Bupati Konawe menerbitkan Peraturan Bupati tentang Standar Operasional Pelayanan (SOP) dan meningkatkan sarana serta prasarana di Mall Pelayanan Publik.

Di bawah kepemimpinan Harmin Ramba, Kabupaten Konawe mendapatkan penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai percontohan Desa Antikorupsi di Desa Ahuawatu, Kecamatan Pondidaha. Pemda Kabupaten Konawe juga meraih Penghargaan Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Terbaik Tahun 2023 dari Dirjen Perbendaharaan.

Dalam sektor kesehatan, Kabupaten Konawe berhasil mempertahankan predikat Paripurna dan meningkatkan BLUD RS Konawe menjadi Rumah Sakit pengampuh KJSU (Kanker, Jantung, Stroke dan Uro-Nephrology) di tahun 2024.

Pemda Konawe juga menganggarkan bantuan sosial berupa hibah barang dan uang untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Sambangi Beberapa Gereja dalam Perayaan Nataru

Selain itu, Harmin Ramba punya impian besar untuk menjadikan Konawe sebagai Daerah Kota Mandiri. Untuk mencapai tujuan ini, ia merencanakan sejumlah agenda pembangunan pada tahun 2024.

Adapun agenda pembangunan itu, diantaranya:

  • Pembukaan dan pembangunan jalan poros Latoma-Routa.
  • Merancang Blueprint pembangunan jangka panjang Kabupaten Konawe menjadi Kabupaten yang mandiri dan berdaya saing.
  • Mendorong penyelesaian permasalahan agraris dalam rangka memberi kepastian hukum bagi masyarakat dan para investor.
  • Melakukan privatisasi badan usaha milik daerah berorientasi pada pertanian dan industri pertambangan.

Harmin Ramba juga mencantumkan beberapa program unggulan untuk mendukung kemandirian Kabupaten Konawe di tahun 2045. Seperti peningkatan akses Routa-Latoma, pengembangan kawasan Routa, hilirisasi produk pertanian, hilirisasi produk perkebunan minyak goreng, hilirisasi produk pertambangan baja, penataan Kota Unaaha, penguatan Kabupaten Konawe sebagai lumbung pangan nasional, pengembangan pariwisata dalam agrowisata, pengembangan kawasan industri Morosi dan perbaikan infrastruktur daerah.

Cek Berita dan Artikel terbaru di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *